Industri konten digital semakin berkembang di Indonesia. Tidak hanya games online, konten lainnya mulai bermunculan baik yang berbasis video online dan musik online. Market Industri konten di Indonesia, terutama games diprediksi mencapai angka 3 trilyun rupiah, dan mengalami pertumbuhan rata-rata 25% tiap tahunnya.
Sebelumnya pembayaran yang umum dilakukan untuk pembelian items atau top up balance adalah menggunakan voucher dan kartu kredit yang dikeluarkan oleh publisher games semisal Kreon, Megaxus dan Lyto, juga disediakan oleh pihak ketiga semisal Indomog.
Dari sisi user beberapa kendala yang dihadapi untuk pembelian konten digital antara lain:
- Kesulitan mendapatkan voucher top up karena minimnya gerai voucher game
- Top up voucher game saat ini masih kurang flexibel karena hanya dapat digunakan pada satu game saja.
- Belum tersedia voucher game dengan nominal kecil
Sedangkan dari sisi publisher game terdapat beberapa hambatan yaitu:
- Penggunaan kartu kredit untuk pembelian online masih belum popular pada masyarakat Indonesia
- Distribusi voucher game online masih belum tersebar dengan baik
- Masyarakat indonesia lebih tertarik untuk bertransaksi online dengan nominal kecil
Hambatan-hambatan tersebut di atas, saat ini bisa disolusikan dengan Direct Carrier Billing (DCB) atau di Indonesia lebih dikenal dengan isitilah "Potong Pulsa". Salah satu platform DCB yang saat ini menjadi leader di Indonesia adalah uPoint yang dikelola oleh Metranet. Mengenai platform DCB ini, insyaallah akan saya postingkan dalam beberapa waktu ke depan.
Comments
Post a Comment