Tencent, raksasa teknologi dan hiburan asal China, melaporkan laba kuartal ketiga yang melampaui ekspektasi, didorong oleh pertumbuhan di sektor game, periklanan, dan layanan cloud.
Laba Melonjak, Pendapatan Sesuai Perkiraan
Laba bersih yang diatribusikan kepada pemegang saham melonjak 47% year-on-year menjadi 53,23 miliar yuan ($7,37 miliar) pada kuartal ketiga, melampaui estimasi LSEG sebesar 46,18 miliar yuan. Meskipun demikian, pendapatan perusahaan naik 8% menjadi 167,19 miliar yuan, sedikit di bawah perkiraan analis sebesar 167,82 miliar yuan.
Optimisme di Tengah Pemulihan Ekonomi
Manajemen Tencent menyatakan optimisme tentang prospek pertumbuhan di tengah tanda-tanda awal efektivitas stimulus ekonomi yang diterapkan pemerintah China. Mereka mengamati peningkatan nilai transaksi pada bulan Oktober, membalikkan tren penurunan di kuartal ketiga. Meskipun pemulihan ekonomi diperkirakan akan memakan waktu, Tencent percaya pertumbuhan akan mempercepat dalam jangka panjang.
Game dan Iklan Jadi Tulang Punggung
Sektor game tetap menjadi tulang punggung Tencent, dengan pendapatan game domestik naik 14% year-on-year menjadi 37,3 miliar yuan, sementara pendapatan game internasional naik 11% menjadi 14,5 miliar yuan. Tencent menekankan strategi mereka untuk fokus pada pengembangan game-game populer yang berkelanjutan dengan meningkatkan investasi di berbagai studio dan penerbitan game.
Pendapatan layanan pemasaran, sebelumnya disebut periklanan online, melonjak 17% menjadi 29,99 miliar yuan. Pertumbuhan ini didorong oleh "permintaan pengiklan yang kuat" untuk fitur-fitur video pendek, mini program, dan pencarian di dalam aplikasi pesan mereka, WeChat.
Pemanfaatan Kecerdasan Buatan
Tencent juga menyoroti manfaat penggunaan alat kecerdasan buatan (AI) yang dikembangkan sendiri. Mereka melihat manfaat nyata dari penerapan AI di berbagai produk dan operasi, termasuk layanan pemasaran dan cloud. Meskipun demikian, manajemen mencatat bahwa pendapatan cloud untuk pelatihan AI di China belum "meledak" seperti di AS, karena pasar enterprise yang lebih kecil, ekosistem software-as-a-service yang kurang dinamis, dan lebih sedikit startup AI yang membeli kemampuan cloud.
WeChat dan Mini Program
Pengguna aktif bulanan global untuk WeChat naik 3% year-on-year menjadi 1,38 miliar di kuartal ketiga. Tencent terus mengembangkan akun video pendek dan penawaran e-commerce mini program untuk bersaing dengan Douyin (TikTok versi China) dan platform belanja online besar lainnya. Nilai transaksi bruto (GMV) mini program meningkat secara signifikan, didorong oleh penggunaan aplikasi untuk pemesanan makanan, pengisian daya kendaraan listrik, dan layanan medis.
Prospek Masa Depan
Dengan kinerja keuangan yang kuat dan fokus pada inovasi di bidang-bidang utama seperti game, periklanan, dan AI, Tencent tampaknya siap untuk memanfaatkan peluang pertumbuhan di pasar digital China dan global. Manajemen juga mengindikasikan bahwa perusahaan akan menghasilkan arus kas bebas yang "signifikan" tahun depan, yang dapat digunakan untuk dividen dan pembelian kembali saham.
Comments
Post a Comment